Lombok & Gili Trawangan

DAY 1, Lombok 20 March 2017

Lombok artinya lurus bukan cabe…

Udah lama banget pengen ke Lombok, cuman memang belum ada waktunya dan temannya (karena saya masih penakut jalan sendirian hehe, gak kayak temen-temen pemberani dan tangguh (dibaca: solo traveller)

Memulai perjalanan ke lombok dari Jakarta dengan penerbangan paling pagi yaitu jam 05:00 subuh dan sampai ke Lombok sekitar jam 08:00 pagi waktu Lombok. Sengaja banget ambil penerbangan pagi karena gak mau ambil resiko siangan dikit ke bandara Soekarno Hatta itu macet, selain itu Lion air kalau penerbangan pagi memang biasanya gak pernah delay.

Sampai Lombok, laper…saya dan teman-teman belum sarapan pagi akhirnya kami pun makan dulu dan ditunjukan nasi balap puyung oleh bapak drivernya yang di dekat bandara.

Welcome food Breakfast Nasi Balap Puyung/ Rice with fried chicken and vegetables

wuih pagi-pagi udah makan enak dengan sarapan yang sambelnya super pedes (welcome food yang membuka mata saya yang lagi ngantuk bahwa saya sedang di Lombok). Setelah menyantap makanan saya dan teman-teman hari ini akan meng-explore daerah lombok barat bagian selatan.

Pertama, kami mengunjungi desa sasak, Sade Village untuk mendengarkan menariknya budaya setempat dari lantainya yang di pel dengan kotoran kerbau sampai kawin lari/menculik pasangan kalau mau menikah. Di Dusun ini mereka menikah sesama sepupu.

DCIM100GOPROGOPR2211.
Halaman depan/pintu masuk dusun Sasak/ front of Sasak Village
suasana masih pagi di dusun sasak/ inside the village
DCIM100GOPROGOPR2205.
tradtional houses in Sasak Village
colorful waving made by Sasak people
Belajar menenun di desa sasak

Setelah kami mendengarkan cerita dari Guide, belajar menenun dan membeli beberapa kain tenun, next kami melanjutkan perjalanan ke pantai-pantai selatan yaitu (1) selong belanak, (2) mawun dan (3) kuta. Kuta?? kok kayak nama pantai yang di Bali sih? yess..iya di Lombok juga ada pantai namanya kuta ternyata.

Menurut gue pribadi, 3 pantai yang gue sebutkan diatas tadi kurang menarik karena airnya gak terlalu biru, jadi gue dan temen-temen gak lama-lama disana, dan kalau diperhatikan ombaknya yang besar dan para turis mancanegara yang datang dengan motor dan membawa selancar sepertinya pantai-pantai ini lebih untuk kegiatan bersurfing dan uniknya beberapa pantai itu pasirnya seperti biji lada bulat-bulat.

DCIM100GOPROGOPR2213.
Pantai Selong Belanak/Selong Belanak Beach
DCIM100GOPROGOPR2234.
Suasana Pantai Kuta/ Kuta Beach
coconut drink

The walking dead session…

Setelah bersantai di pantai sejenak sambil minum kelapa, tapi to be honest gak bisa santai juga sih karena pedagang yang jualan kain, gelang itu banyak banget mendatangi saya (ibu-ibu, bapak-bapak, adik-adik) seperti lagi main film walking dead.. kalau yang tau atau sering nonton film itu pasti tau maksud saya, jadi ada 1 manusia kalau terlihat di public akan di kerubungi 1000 zombie…nah begitulah suasana-nya.

Setelah mengalami zombie experience, waktunya makan siang.., kali ini saya memesan nasi sasak pesaji.. isinya ayam, ikan, sate, sayuran dan nasi tentunya.

Wisata makan…

Nasi lombok sasak pesajik

Next, kami makan lagi yaitu sate Rembiga.. ini wisata makan emang haha

Suasana restorannya enak banget, tempat makannya lesahan tradisional dipinggirnya perkebunan bunga di kanannya sawah.. damn! buat saya yang tinggal di Jakarta ini sesuatu banget tempat seperti ini.

Bukan hanya tempatnya yang nyaman, indah, sate Rembiga-nya juga mantap banget rasanya. Jadi sate rembiga ini sejenis sate daging (kalau pernah nyobain sate Maranggi Cianjur itu yah rasanya mirip itu tapi ini ada sensasi pedasnya dan makannya pake lontong segitiga/lebih mirip kerucut bentuknya. Ahhh pas nulis ini sambil ngebayangin jadi pengen balik ke Lombok.

di dalam restoran sate rembiga
Sate rembiga/ beef satay
lontong/ rice cake

Setelah jalan hampir seharian, sore-nya saya balik dulu ke Hotel buat istirahat dan mandi, karena udah di niatin nanti malamnya harus makan AYAM TALIWANG! langsung di Lombok, ini moment yang gak boleh di Lewatkan.

Setelah istirahat, rumpi dan gossip (biasa kalau jalan sama temen-temen cewek pasti rumpi haha, itu menariknya sih) mandi dan dandan kami pun dijemput driver untuk menuju makan malam ke restoran ayam taliwang.

Ayam Taliwang
Beberuk terong ini enak banget dan gue sampe minta nambah ini 2x 😀
Pelecing Kangkung
Super spicy Ayam Taliwang/Ayam taliwang super pedes

Setelah kenyang, alhamdulilah.. saya melanjutkan keliling dulu daerah kota Mataram, driver-nya menunjukan mesjid yang kalau malam terang karena banyak ornamen lampunya. Istirahat balik lagi ke Hotel biar besok bisa bangun pagi sarapan dan persiapan menyebrang ke pulau Gili Trawangan.

End day 1

DAY 2, Lombok 21 Maret 2017.

Gili Trawangan

Di hari kedua ini, bangun pagi sarapan langsung packing barang-barang karena mau mengejar penyebrangan paling pagi dari Bangsal. Saya menyebrang menggunakan public boat seharga 15,000/orang (kalau naik fastboat sekitar 75,000/orang). Tanpa menunggu lama kamipun langsung naik boat bareng sama sayuran, ikan, dan penumpang lainnya.

Dari Bangsal menuju ke Gili Tralala (kata drivernya dia bilang Gili Trawangan Gili Tralala) gak lama sih, sekitar 20 menit.

Sampai di Gili Trawangan kami langsung di tawarkan paket snorkeling jam 11:00 s/d jam 15:00, setelah menaruh barang-barang di hotel cuss langsung pergi ke boat glass bottom untuk ikut rombongan boat snorkeling 3 gilis bayarnya 130,000/orang udah termasuk 1x makan & teh dan dikasi pinjem fin & alat snorkeling (kalau mau sewa gopro 100,000)

DCIM100GOPROGOPR4204.
kura kura lagi ngobrol sama ikan 🙂
DCIM100GOPROGOPR4262.
Snorkeling

DCIM100GOPROGOPR4260.

kalau diperhatiin foto itu mendung awannya, iya karena lagi gerimis dan hujan, tapi meskipun hujan tetep seru karena kita beruntung banget bisa liat kura-kura, taman ikan dan MANTA! no way!!! omg omg yes yes we saw MANTA wuhuuu.

Puas Snorkeling — break dulu untuk makan siang di Gili Air… tempat makannya seru (lagi) lesehan dan dan tenang banget suasananya.

suasana restoran di Gili Air

Beres makan, gue makan nasi ikan kuah kuning dan teh manis hangat langsung balik lagi ke boat untuk kembali ke Hotel.

Sampe hotel langsung berenang dulu (kolamnya persis banget didepan kamar)

Suasana hotel/Pool in traditional house hotel

Hari ini seneng banget main air seharian, dan hujan-hujan-an yeah. Btw, saya nginep di M’adison Gili kamarnya seperti rumah tradisional dusun Sasak, lokasinya gak jauh dari pelabuhan cuman 5 menit-an (gak perlu naik sepeda atau cidomo (kereta kuda), tempatnya seru banget kamar mandi-nya atapnya kebuka bawahnya batu-batuan, depan kamar langsung kolam renang dan hamock atau ayunan.

Beres main air, mandi, tidur…

Malamnya melanjutkan cari makanan enak di pasar malam, gue pesen cumi bakar dan ikan bakar.

kenyang dan kembali ke hotel buat istirahat..

End day 2

DAY 3, 22 March 2017

I don’t wanna go home…

Hari ini bangun subuh seger banget udaranya, sambil duduk di ayunan mendengarkan bunyi burung dan ayam kukuruyuk.. sekali lagi ini bukan sesuatu yang bisa saya dapatkan setiap hari di kota Jakarta, jadi saya bersyukur banget bisa menikmatinya.

Dan sarapan hari ini dengan kopi lombok dan nasi goreng dan juice nanas 😀 enakkk

IMG_2326 (1)
View tempat santai di depan hotel
IMG_2330 (1)
Breakfast omellete dan fried rice
IMG_2331 (1)
Breakfast fried rice and juices

Agenda-nya hari ini adalah bersepeda dan bermain ayunan di pantai

Capek bermain sepeda (keliatan banget nih cewek-cewek jarang olahraga hehe) packing tas yang hanya 1 gendongan kecil (gak pake koper, karena gak mau ribet). Check-out dari Hotel kembali ke Bangsal untuk beli oleh-oleh makan sate Rembiga (LAGI..LAGI) dan mengejar penerbangan sore nanti.

Perjalanan yang kurang lama ini bikin saya yang nulis ini dan pengen balik lagi kesana secepatnya..

Thank you Lombok, salah satu tempat yang membuat saya selalu berfikir tidak ingin dilahirkan di tempat lain selain Indonesia. I feel wonderful.. wonderful Indonesia

Tips dari saya/Tips from me

1. Transportasi/Transportation

• Kalau mau wisata di kota-nya gak langsung ke Gili trawangan mendingan sewa mobil + driver/supirnya, kenapa sewa mobil? karena di Lombok itu lokasi-nya jauh-jauh jadi paling enak dan nyaman sewa mobil + supirnya untuk nganterin jalan-jalan dan wisata makan (harganya waktu itu gue dapat 1,100,000 (2 hari dan 1 hari nganterin ke penyebrangan pas mau ke Gili Trawangan). Kecuali kalau kamu mau langsung ke Gili Trawangan, mendingan naik bus damri langsung ke tempat penyebrangan.
  • If you travel around Mataram cities or lombok cities not in the island, i recommend you to rent a car with a driver it’s around 500,000 IDR/car with driver/day. But if you go directly to Gili Trawangan.. it’s better take damri bus directly to the pier.

2. Beli oleh-oleh/Gift shop

• Biasanya gue gak pernah beli oleh-oleh kalau jalan-jalan (memang gak seperti kebanyakan orang Indonesia pada umumnya) karena selain berat, kadang cuma jadi numpukin barang di rumah. Tapi pas ke Desa Sade dan belajar/ nyobain menenun itu susah banget akhirnya gue beli deh oleh-oleh kain tenun. Selain itu, kalian bisa beli kopi, terasi! (yes terasinya beda banget soalnya)
  • If you appreciate ‘handmade’ and tried to weave Lombok traditional fabric in the tour. It’s definitely… must buy this weaving fabric when you in Lombok.

3. Baju/Dress code

• Jangan disamain Bali sama Lombok, jadi kita gak usah pake baju terlalu sexy/terbuka-buka banget, karena mayoritas di Lombok itu muslim, jadi bajunya kudu disesuaikan ya guys. (note: kecuali di pantai mah bebas).
  • Please wear not too sexy cloth, but if you travel in the beach/gili islands it’s okay to wear bikinis.

4. Cobain makanan daerah/Try local food

• Ini penting nih, kadang temen-temen dari Jakarta kalau ke daerah yang dicari fastfood <<<< Ini salah nih, kita harus cobain makanan di daerah yang kita kunjungi. Untuk di Lombok wajib kudu harus cobain sate rembiga & ayam taliwang beserta pelecing kangkung dan beberuk terong.
  • in Indonesia, we have lots of local food and it’s specialty. In Lombok most of the food is spicy (this is what they famous for), but don’t be scared.. you guys have to try the famous ‘Sate Rembiga’ (its like beef satay served with rice cake) and ‘Ayam Taliwang’ (grilled chicken with chili sauce served with Vegetables).. eat like local!

5. Penginapan/ Accommodation

• Kalau kita mau jalan-jalan dulu di kota Lombok, nginepnya ya di Lombok aja jangan di Gili dan sebaliknya kalau mau mainnya di Gili jangan nginepnya di kota lombok. PR banget abis main air kudu balik ke hotelnya jauh di kota zzzz
    • Waktu di kota Mataram saya dan teman-teman nginep di idoop hotel kalian bisa booking lewat agoda/booking.com/traveloka (sarapannya ok dan kasurnya nyaman, kamar mandinya juga juga luas dan bersih) semalam 500,000-an.
    • Pas di Gili Trawangan kita nginep di M’adison Gili (harganya sekitar 500,000-an/malem dan bisa sewa sepeda disana 35,000/hari.
  • If you travel in the city, make sure book hotel/accommodation in the city not in the island, and if you plan to stay in the island, please book a hotel in the island. When i’m in Lombok we stayed in idoop hotel you can book from booking.com/ agoda/ traveloka for 500,000 IDR/night or 40USD/night.
    • When in Mataram city, or I called it in the city we stayed at Idoop Hotel/ 500,000/Night/40 USD/Night the room & bed are great, wifi works, breakfast is ok)
    • in Gili Trawangan we stayed in M’adison Gili (500,000idr/night or 40 USD/night), we can rent a bike for 3 usd/day or 35,000/day.

6. Duration/Lama wisata

• Untuk menjelajahi semua wisata di Lombok perlu 10 hari setidaknya, tapi saya hanya punya waktu 3 hari kemarin dan itu ternyata gak cukup, karena kalau ada makanan enak dan  pantai mau-nya berhari-hari hehe. yah positifnya biar nanti bisa balik lagi ke Lombok (jangan diabisin wisatanya dalam satu kali kunjungan).
  • Normally if you want to explore Lombok it can be done about 10 days, but I only have 3 days and I think it’s not enough (especially if there’s good food and beaches and blue water… so I’ll be back soon for sure.